Kronologi Rasisme Pada Laga Paris Saint-Germain VS Basaksehir

Updatepialaeuro2020 – Insiden ujaran rasialis kembali terjadi di dunia sepakbola. Kali ini terjadi pada laga antara PSG kontra Istanbul basaksehir. Aksi ini pun akhirnya membuat laga Paris Saint-Germain vs Istanbul Basaksehir terhenti pada, Selasa (8/12/2020) atau Rabu dini hari WIB. Pada laga matchday keenam penyisihan grup Liga Champions ini, pemain-pemain Istanbul Basaksehir melakukan aksi walk-out saat pertandingan berlangsung 24 menit. Ujaran rasialis ini sendiri dilontarkan oleh salah satu ofisial pertandingan disebut menjadi pemantik atas aksi walkout para pemain basaksehir. Laporan akun Twitter resmi Istanbul Basaksehir menyebut, ada adu argumen antara asisten pelatih dan tim wasit yang mengakibatkan keluarnya kartu merah untuk sang asisten. Namun, tak hanya kartu merah yang keluar. Kata-kata pelecehan rasial pun disebut dilontarkan dari mulut sang tim pengadil laga dalam laga tersebut.

KRONOLOGI RASISME PADA LAGA PARIS SAINT-GERMAIN VS ISTANBUL BASAKSEHIR

Pada menit ke-14, pemain Istanbul Basaksehir, Rafael, melakukan pelanggaran kepada Mitchel Bakke dan diganjar kartu merah. Muncul adu argumen dari salah satu asisten pelatih Istanbul, Pierre Webo, dan melempar protes terkait insiden tersebut kepada wasit. Lalu, kartu merah pun dikeluarkan untuk sang asisten. Jelas saja ini memicu kerumunan dari pihak tim pelatih Istanbul Basaksehir dan para pemain. Ternyata, di samping kartu merah yang diganjarkan, Webo juga mendapatkan perlakuan rasialis dari sang wasit. Keterangan ini didapatkan dari pernyataan akun resmi Istanbul Basaksehir setelah laga tersebut. “Asisten pelatih kami, Pierre Webo, merupakan korban rasisme. Tetapi Webo dikeluarkan dari pertandingan”. Jelas Basaksehir dari laman twitter resmi miliknya.

“Permainan telah dihentikan untuk sementara waktu.” Akun twitter lain juga memviralkan potongan klip Demba Ba melakukan protes kepada pihak ofisial pertandingan. Dari klip tersebut, diketahui bahwa oknum ofisial menyebut Webo dengan sebutan ”bl*ck guy.” “Dengarkan saya, Anda tak pernah menyebut dia (menunjuk ofisial pertandingan yang lain) ‘wh*te guy’ (si pria berkulit putih),” kata Demba Ba memprotes aksi rasis itu dalam klip. “Lalu mengapa anda menyebut seseorang berkulit hitam dengan sebutan ‘this bl*ck guy?’ (si orang berkulit hitam).” Konfrontasi Demba Ba pun dibalas dengan wasit utama dengan pernyataan “penerjemahaan bahasa Rumania atas N**ro menyebabkan masalah.”

KELANJUTAN PERTANDINGAN

Para pemain Basaksehir memang menolak untuk melanjutkan pertandingan, dan setelah beberapa waktu tidak aktif di lapangan memutuskan untuk mundur ke ruang ganti sebagai bentuk protes. Bintang-bintang PSG mengikutinya dalam solidaritas dengan rival mereka, meninggalkan pertandingan Liga Champions dalam ketidakpastian. Hingga 30 menit setelah aksi ini, pertandingan antara PSG vs Istanbul Basaksehir tak kunjung dilanjutkan. Akun sosial media Istanbul Basaksehir justru mengunggah kampanye anti rasialisme sebagai bentuk protes dalam laga ini. Unggahan ini juga kutip ulang oleh akun PSG di Twitter. Rencananya pertandingan akan dilanjutkan kembali pada kamis dini hari nanti mulai menit ke 14.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *